Risalah FOMC mengonfirmasi pengurangan paket stimulus bulan November

Ulasan pada minggu ini mengenai risalah FOMC yang mengonfirmasi pengurangan paket stimulus makro dengan mengurangi pembelian obligasi bulanan (tapering) setelah November 2021 mendatang.

Berita ini akan berpengaruh terhadap denyut pergerakan beberapa pair mata uang yang ditradingkan. Sehingga anda perlu menciptakan sistem trading untuk mulai menghasilkan laba.


Denyut pasar

  1. SPX500 naik kembali ke level pertengahan bulan September. 4.471,37 (+1114 poin)
  2. Dolar AS menyegarkan level tertinggi tahun yang baru, kemudian mundur di bawah 94,00 . 93,95 (-113 poin)
  3. Emas berada di bawah tekanan. USD1.767 (+1683 poin)
  4. Minyak memecahkan rekor. USD84,34 (+USD2,26)
  5. Bitcoin mencapai USD60.000. USD62.446 (+USD8,765)
  6. Mari kita lihat lebih dekat bagaimana peristiwa-peristiwa penting ini dan peristiwa penting lainnya memengaruhi harga mata uang, indeks, dan komoditas.

Indeks

Sebelumnya SPX500 turun tajam ke 4,333. Kemudian, perusahaan-perusahaan Amerika membuka musim pendapatan baru. Pendapatan bank dirilis, dan perolehan yang mereka dapatkan mendorong indeks ini ke level tertinggi pertengahan September di 4,475.

PEMICU BULLISH

Bank-bank papan atas Amerika menunjukkan pendapatan kuartalan yang solid. Pendapatan bank-bank itu memberikan awal yang baik untuk musim pendapatan, dan sekarang para ekonom memperkirakan kenaikan SPX500 sebesar 32% pada kuartal ketiga dibandingkan dengan tahun lalu. Indeks ini mengalami kenaikan mingguan terkuat sejak akhir Juli.

Pekan lalu, data-data statistik Amerika sangat positif. Semua data penting, termasuk IHK, Klaim Pengangguran Awal, dan Penjualan Ritel, mengungguli perkiraan. DXY memperbarui level tertinggi tahun ini di 94.5512 setelah peristiwa ini.

PEMICU BEARISH

SPX500 membuka pekan ini flat di tengah kekhawatiran inflasi. Indeks turun menjelang rilis data pendapatan bank dan mencapai level 4.333,13 pada sesi perdagangan hari Rabu. Hasil yang kuat membuat indeks ini berubah arah dan menyegarkan level bulan September pada Jumat malam.

Pandangan optimis Risalah FOMC tentang pengurangan paket stimulus menunjukkan komentar pejabat the Fed bahwa kenaikan suku bunga tidak akan segera diberlakukan setelah pengurangan paket stimulus. Prosesnya mungkin memakan waktu hingga delapan bulan. DXY mulai turun setelah berita itu dan akhirnya berakhir di bawah 94,00.

Mata uang

  • EURUSD menutup Jumat di 1,15977. Setelah DXY naik, pasangan ini turun ke level terendah baru di 1,15234.
  • GBPUSD menutup pekan ini di 1,37396. Pasangan ini adalah pemain teratas mingguan di antara mata uang mayor dan mencapai level tertinggi dalam lima pekan di 1,37704.
  • USDCAD masih belum menunjukkan tanda-tanda pemulihan, menutup pada hari Jumat di 1,23585. Kenaikan harga minyak tidak memberikan ruang untuk pasangan ini untuk mengikuti yang arah yang sama.

PEMICU BULLISH

  • ECB belum berniat untuk menghentikan program dukungannya, sehingga sentimen bullish EURUSD muncul karena pelemahan USD. Pasangan ini naik 0,87% dalam dua hari, mencapai level 1,16242. Namun, pasangan ini mundur dari level yang dicapai, mengakhiri pekan di bawah 1,1600. Selama greenback terus mengumpulkan kekuatan, EURUSD dapat menguji posisi terendah baru dalam waktu dekat.
  • Pound mengumpulkan kekuatan karena kemungkinan perubahan dalam protokol Brexit. Jika Perdana Menteri Inggris menerima protokol Brexit, GBPUSD akan memiliki lampu hijau untuk naik lebih tinggi. Selain itu, BoE akan mengadakan pertemuan berikutnya pada bulan November dengan agenda yang paling mungkin adalah menaikkan suku bunga.

PEMICU BEARISH

Dolar Kanada menguat lebih dari 3% dalam sebulan. USDCAD terus turun dan mencapai 1,23353, yakni level awal Juli. Namun, pada hari Jumat, pejabat BoC memperingatkan kecepatan pemulihan negara itu yang lebih lambat, yang membuat pasangan ini kemungkinan ditutup di level 1,23717. Selama minyak terus diperdagangkan pada level puncaknya, para ekonom memprediksi penurunan lanjutan dari USDCAD hingga 1,2200 sebelum akhir tahun.


Emas

XAUUSD naik ke USD1.800 karena meningkatnya kekhawatiran inflasi. Namun demikian, risalah the Fed yang dipublikasikan pada pertengahan pekan lalu menarik harga emas kembali ke level USD1.767 karena para trader memperkirakan Federal Reserve AS akan mulai mengurangi stimulusnya tahun ini.
Selain itu, krisis energi global telah mengancam prospek perekonomian dan meningkatkan kekhawatiran inflasi, mendorong sebagian investor berpindah ke aset yang lebih aman seperti emas.

PEMICU BULLISH

Tuntutan fisik dan lonjakan jumlah orang yang terinfeksi virus corona, yang dapat memengaruhi pemulihan ekonomi, dapat menjadi faktor pendukung harga emas.

PEMICU BEARISH

Trader menggambarkan emas sebagai perlindungan terhadap inflasi dan depresiasi mata uang, mungkin akibat stimulus skala besar. Pengetatan the Fed dapat mengurangi daya tarik emas.


Minyak

Harga Brent naik ke USD84,34 per barel, yang merupakan level tertinggi dalam beberapa tahun terakhir karena permintaan telah kembali. Pemulihan pascapandemi COVID-19 menyebabkan konsumsi listrik meningkat. Mereka yang telah meninggalkan gas dan batu bara yang mahal demi bahan bakar minyak dan solar kembali menggunakan gas dan batu bara.

PEMICU BULLISH

Pelonggaran pembatasan di seluruh dunia kemungkinan akan membantu pemulihan konsumsi bahan bakar. Berita bahwa Amerika Serikat akan membuka perbatasannya untuk wisatawan asing yang telah divaksin bulan depan mendukung pasar bahan bakar penerbangan. Langkah serupa diikuti di Australia dan di seluruh negara-negara Asia.

PEMICU BEARISH

Sementara itu, Amerika Serikat juga dapat meningkatkan pasokan karena pekan lalu perusahaan energinya menambahkan rig minyak dan gas alam selama enam pekan berturut-turut karena akibat minyak mentah yang tinggi mendorong pengebor untuk kembali bekerja. Menurut perusahaan jasa energi Baker Hughers pekan lalu jumlah rig minyak dan gas Amerika Serikat, sebagai indikator awal produksi yang akan datang, naik 10 menjadi 543 dalam sepekan hingga 15 Oktober.


Cryptocurrencies

Pada tanggal 16 Oktober, harga bitcoin mendekati USD63.000 untuk pertama kalinya dalam enam bulan terakhir. Kenaikan tajam ini terjadi setelah persetujuan dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) untu pertama kalinya di Amerika Serikat berdasarkan bitcoin berjangka. Sebagai hasil dari kenaikan mata uang kripto pertama ini, kapitalisasi pasar aset digital ini telah memperbarui maksimum historisnya, lebih dari USD2,6 triliun.

PEMICU BULLISH

Mengatasi level USD60.000 telah menjadi pemicu psikologis yang signifikan, yang akan mengarah pada pergerakan naik lebih lanjut. Pasar aset digital sedang dalam tren naik, dan kenaikan ini belum berakhir.

PEMICU BEARISH

Pernyataan oleh pejabat tinggi negara dapat dianggap sebagai faktor penurunan harga bitcoin. Meskipun, sejauh ini, kita hanya melihat peningkatan minat terhadap mata uang kripto dari investor terkemuka.

Berita yang akan datang

Pekan ini Jerman, Zona Eropa, dan Amerika Serikat akan merilis IMP Komposit Markit mereka. Inggris dan Zona Eropa akan memublikasikan data IHK mereka pada hari Rabu. Kanada akan merilis statistik IHK Inti pada hari yang sama. Pada hari Jumat Inggris akan melaporkan angka Penjualan Ritel.


Lakukan pedagangan dengan bijak

0 komentar:

Posting Komentar