[Ulasan Mingguan] NFP yang lemah menunda rencana pengurangan paket stimulus selama dua hingga tiga bulan ke depan


Ciptakan sistem trading Anda
dan mulai hasilkan laba!
 

Cek prediksi harian dari ahli kami
dalam XAUUSD dan EURUSD

Lihat ide
 

Denyut pasar

  • SPX500 berhenti setelah mencapai rekor tertinggi baru. 4.534 (+290 poin)

  • Dolar AS melemah ke level awal Agustus. USDX 92,13

  • Emas melonjak setelah rilis data nonfarm. USD1.827 (+1.075 poin)

  • Minyak turun. USD72,07 (-USD0,33)

  • Bitcoin naik. USD50.099 (+USD1.757)

Mari kita lihat lebih dekat bagaimana peristiwa-peristiwa penting ini dan peristiwa penting lainnya memengaruhi harga mata uang, indeks, dan komoditas.

 

Indeks

Pantauan pasar

Perubahan mingguan: SPX500 +0.65%

SPX500 melampaui rekor sebelumnya yang mencapai tertinggi baru 4.540 selama sepekan tetapi memperlambat kenaikannya. Investor menjadi lebih berhati-hati setelah rilis laporan lapangan kerja bulan Agustus yang mengecewakan. Oleh karena itu, indeks SPX500 menutup pekan ini flat di 4.534.

Indeks dolar AS terus turun hampir selama sepekan. Indeks ini sempat turun ke level terendah awal Agustus di 91,941 namun berhasil diatasi dan ditutup di level 92,12.

Pemicu bullish

SPX500 mendapatkan perolehan tahunan dua digit dalam delapan dari sepuluh tahun terakhir. Tahun ini, indeks acuan ini naik 21%. Tetapi semakin indeks ini naik, semakin banyak investor khawatir, dan pekan sebelumnya kemungkinan menandai perhentian kenaikan.

Meskipun DXY turun di bawah 92,00, indeks ini berhasil memantul di atas angka itu, seperti halnya obligasi Surat Utang Pemerintah AS 10 tahun. Keduanya melampaui zona 1,27% dan menutup di 1,33%. Itu menandai level dukungan yang cukup kuat untuk kedua tolok ukur ini. The Fed tidak akan menyampaikan pidato dovish lainnya sehingga banteng kemungkinan mengumpulkan kekuatan untuk perpanjangan kenaikan lebih lanjut

Pemicu bearish

Laporan pekerjaan bulan Agustus yang buruk menempatkan the Fed di persimpangan jalan setelah komitmen sebelumnya untuk mengurangi paket stimulus tahun ini dan janji seperti biasa untuk menjaga inflasi tetap terkendali. Janji seperti biasa saat ini berjalan sekitar dua kali lipat dari target the Fed sebesar 2%. The Fed tidak memiliki cukup ruang untuk bermanuver, karena bulan September dan Oktober tetap menjadi satu-satunya bulan untuk menentukan apakah pengurangan paket stimulus akan dimulai tahun ini atau tahun depan.

Indeks dolar AS telah turun selama empat hari berturut-turut. Pertama, laporan awal nonfarm menunjukkan angka tenaga kerja yang buruk, yang dikonfirmasi dan diulangi pada hari Jumat lalu oleh data resmi NFP. Pelemahan greenback akan mendominasi pasar selama the Fed tidak memperjelas ketidakpastian kebijakan moneternya.

Lakukan trade SPX500
 

Mata uang

Pantauan pasar

Perubahan mingguan: EURUSD +0,75%, GBPUSD +0,80%, USDJPY -0,18% , AUDUSD +2,0%, NZDUSD +2,37%

EURUSD ditutup di 1,18770. Pasangan ini naik dalam sepekan dan melampaui level 1,1900 pada hari Jumat. Namun, pasangan ini kemudian turun karena mencapai area zona jenuh beli.

GBPUSD naik ke level tertinggi baru dalam tiga pekan di 1,38904 berkat pelemahan greenback, tetapi tidak bisa tetap berada di titik puncak ini dan ditutup di level 1,38571 pada hari Jumat.

Yen Jepang menguat terhadap greenback sementara USDJPY ditutup di 109,673. Sementara itu, pasangan ini menunjukkan reaksi yang tidak signifikan terhadap keputusan Perdana Menteri Jepang, Suga, yang akan pensiun pada akhir bulan ini.

AUDUSD naik selama dua pekan dan mencapai 0,7477, yaitu level tertinggi sejak pertengahan Juli. Pasangan ini ditutup di 0,74457 pada hari Jumat, yang diuntungkan oleh pelemahan dolar AS, tetapi statistik Australia sebenarnya lebih baik dari yang diperkirakan.

Seperti pasangan sebelumnya, NZDUSD terus naik selama dua pekan berturut-turut dan berakhir pada hari Jumat di level 0,71568. Setelah memasuki penguncian COVID, bank sentral Selandia Baru merilis pernyataan yang cukup hawkish yang mendorong pasangan ini naik.

Pemicu bullish

Inflasi Zona Eropa berada pada level tertinggi dalam satu dekade yang didukung oleh pasangan EURUSD serta pelemahan greenback. ECB akan mengadakan pertemuan pekan ini. Jika pernyataannya terdengar hawkish, pasangan ini memiliki kesempatan untuk melanjutkan kenaikannya ke level 1,120. Perilaku GBPUSD mirip dengan pasangan sebelumnya. GBPUSD naik dalam sepekan dan menyentuh level 1,38900. Pasangan ini telah diperdagangkan dalam rentang yang luas selama dua bulan terakhir. Dan setiap kali mendekat ke tepian, menyebabkan pembalikan yang berlawanan setelah itu.

PDB Australia menunjukkan angka yang lebih baik dari yang diperkirakan, yang berdampak pada kenaikan pasangan mata uang ini. RBA akan mengadakan pertemuan pekan ini, dan investor mengantisipasi sentimen dovish karena banyaknya kasus COVID di negara tersebut. Namun, Selandia Baru menunjukkan sebaliknya. Setelah memasuki penguncian COVID, RBNZ menyatakan bahwa mereka akan menaikkan suku bunga menjelang akhir tahun, seperti yang diperkirakan. Terlepas dari apa pun status kesehatan negara itu. Hal ini memberi dorongan tambahan bagi NZDUSD. Di pertengahan pekan, kita akan melihat apakah RBA akan mengubah nada suaranya.

Pemicu bearish

USDJPY turun karena semakin melemahnya greenback. Pekan ini, rilis PDB Jepang dapat memengaruhi arah pasangan ini selanjutnya.

Trading pada mata uang mayor
 

Emas

Pantauan pasar

Perubahan mingguan: XAUUSD +0.59%

XAUUSD naik ke USD1.831, yaitu titik tertinggi dalam dua setengah bulan, setelah kenaikan lapangan kerja AS bulan Agustus yang lebih lambat dari yang diperkirakan mendorong dolar AS lebih rendah.

Kenaikan lapangan kerja AS bulan Agustus berada jauh di bawah ekspektasi di tengah lonjakan infeksi COVID-19.

Pemicu bullish

Data tenaga kerja yang buruk menimbulkan keraguan pada alur waktu pengurangan paket stimulus Federal Reserve. Emas mendapatkan dukungan daya tarik karena melemahnya indeks dolar AS, yang sangat bergantung pada laporan tenaga kerja.

Pemicu bearish

Fakta bahwa emas gagal menembus level resistensi di USD1.833 dapat mengindikasikan skeptisisme apakah ini berarti pertumbuhan puncak dan penurunan yang tertunda. Fokus pasar akan bergeser ke pertemuan FOMC September mendatang.

Lakukan trade XAUUSD
 

Minyak

Pantauan pasar

Perubahan mingguan: XBRUSD -0.59%

Pekan lalu, XBRUSD sedikit tergelincir setelah laporan lapangan kerja AS yang lebih rendah dari perkiraan menunjukkan pemulihan ekonomi yang tidak merata yang dapat berarti bahwa permintaan bahan bakar yang lebih lambat selama kembali merebaknya pandemi. Minyak mentah Brent berada di titik lebih rendah pada USD72,07 per barel.

Pemicu bullish

Kekhawatiran bahwa pasokan AS akan tetap terbatas setelah Badai Ida, yang memangkas produksi dari Teluk Meksiko AS, mendukung harga minyak. Produksi minyak di wilayah tersebut tetap dihentikan terutama setelah Badai Ida, dengan 1,7 juta barel, atau 93%, dari produksi minyak mentah harian, ditangguhkan.

Pemicu bearish

Laporan ketenagakerjaan yang terdampak oleh varian Delta menunjukkan bahwa virus corona masih menggeser permintaan minyak. Nonfarm payroll melenceng dari perkiraan dengan kenaikan sebanyak 235.000 lapangan di tengah melemahnya permintaan layanan dan berkurangnya tenaga kerja yang terus-menerus karena lonjakan infeksi COVID-19. Amerika Serikat berjanji untuk menekan OPEC+ untuk berbuat lebih banyak demi mendukung pemulihan perekonomian dengan melancarkan produksi.

Lakukan trade XBRUSD
 

Cryptocurrencies

Pantauan pasar

Perubahan mingguan: BTCUSD +3.67%

Pada tanggal 3 September, titik maksimum nilai tukar bitcoin mendapatkan pembaruan sejak pertengahan Mei di kisaran USD51.000. Jumlah hash, ukuran daya komputasi yang digunakan dalam penambangan dan pemrosesan, telah naik sebanyak 55% dari awal Juli ketika mencapai level terendah selama hampir dua tahun.

Pemicu bullish

Penambang kripto Tiongkok yang terpaksa mencabut mesin mereka yang haus energi setelah tindakan keras pemerintah pertengahan tahun ini kemungkinan telah memulai proses untuk mengalihkan ke luar negeri.

Pemicu bearish

Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) telah memulai penyelidikan terhadap Uniswap Labs, yang mengoperasikan salah satu bursa mata uang kripto terdesentralisasi terbesar — Uniswap. Dalam sebuah wawancara dengan Fox Business, miliarder dan mantan Presiden AS Donald Trump memperingatkan para pemegang mata uang kripto bahwa berinvestasi dalam aset digital dapat menyebabkan bencana. Menurut mantan Presiden Trump, investasi dalam mata uang kripto merugikan dolar AS.

Lakukan trade BTCUSD
 

Berita yang akan datang

Pekan ini, tiga bank sentral besar akan naik panggung dengan pernyataan kebijakan moneter mereka. Secara bergantian, RBA, BoC, dan ECB akan mengumumkan solusi mereka dari hari Selasa hingga Kamis. Selain itu, Zona Eropa dan Jepang akan merilis data PDB mereka. Sementara itu, Jerman akan memublikasikan angka Produksi Industri dan Sentimen Ekonomi ZEW. Amerika Serikat tidak akan merilis data apa pun terkait angka makroekonomi penting.

Lakukan pedagangan dengan bijak



0 komentar:

Posting Komentar