Satu pekan yang sibuk menjelang pertemuan the Fed

Ciptakan sistem trading Anda
dan mulai hasilkan laba!



Denyut pasar
  • SPX500 berakhir dengan penurunan terbesar dalam dua pekan sejak musim dingin. 4.432,99 (-450 poin )
  • Dolar AS mencapai level tertinggi dalam tiga pekan terakhir. USDX 93,250 (+651 poin)
  • Emas turun karena penguatan dolar. 1.751 (-3.795 poin)
  • Minyak mencapai level tertinggi sejak Juli. 74,56 (+USD1,94)
  • Bitcoin mencoba mendapatkan pijakan baru di atas USD48.000. 47.630 (+USD3.204)
Mari kita lihat lebih dekat bagaimana peristiwa-peristiwa penting ini dan peristiwa penting lainnya memengaruhi harga mata uang, indeks, dan komoditas.


Indeks
PANTAUAN PASAR

"Perubahan mingguan: SPX500 -0,91% "

SPX500 turun sekitar 2,3% dalam dua pekan. Indeks ini menutup hari Jumat di level 4.432,99 setelah naik dan turun selama sepekan, diakhiri dengan aksi jual yang kuat.

Dolar AS mencapai level tertinggi dalam tiga pekan di 93,250 setelah rilis data perekonomian yang kuat. Pada gilirannya, data ini memperbarui ekspektasi pengetatan kebijakan yang lebih cepat dari perkiraan. The Fed akan mengadakan pertemuan kebijakan moneter pekan ini, dan mungkin akan menentukan batas waktu pengurangan paket stimulus.

PEMICU BULLISH

Setelah penjualan ritel Amerika bulan Agustus menunjukkan kenaikan lebih dari 15% tahun ini, indeks ekuitas meningkat. Secara umum, perekonomian Amerika melampaui pertumbuhan sebesar 6,5% pada kuartal terakhir. Sementara itu, hanya satu dari sebelas indeks SPX terkemuka yang menutup pekan ini di wilayah positif. Namun, US Equity Funds memiliki daya tarik dua kali lipat dalam arus masuk dibanding arus keluar jika dibandingkan dengan pekan sebelumnya (USD5,5 miliar vs USD1,9 miliar).

Pekan lalu, dolar AS unggul mata uang lainnya. Data penjualan ritel mengungguli perkiraan dan mengangkat sentimen pereknomian di negara tersebut. Imbal hasil obligasi Surat Utang Pemerintah AS 10 tahun juga menyentuh level tertinggi dua bulan di 1,385% dan diprediksi naik lagi pekan depan.

PEMICU BEARISH

Ekspektasi kebijakan pengetatan moneter, bersama dengan potensi kenaikan pajak AS, mendorong SPX500 turun. Data sentimen konsumen melemah, menimbulkan kekhawatiran tentang pengaruh nyata dari COVID-19 terhadap pertumbuhan ekonomi. Konsumsi dan pembelian dalan negeri melambat, tetapi pada saat yang sama, inflasi tetap tinggi.

Pekan lalu, Kongres AS bersiap untuk membahas plafon utang negara itu. Bulan depan akan menjadi tenggat waktu untuk membayar tagihan negara. Greenback cenderung kesulitan saat menghadapi bencana perekonomian global, seperti pada tahun 2004 dan 2013.


Mata uang
PANTAUAN PASAR

"Perubahan mingguan: EURUSD -0,69% , GBPUSD -0,75% , USDJPY +0,16%, AUDUSD -1,09% , USDCAD +0,74% "

Pasangan EURUSD menutup hari Jumat lalu di titik terendah bulanan yaitu 1,17239. Pada saat yang sama, harga konsumen Amerika menunjukkan laju paling lambat dalam setengah tahun. Pasar mengantisipasi sinyal IHK sebagai puncak inflasi lokal. Namun, kekuatan greenback menentukan perilaku pasangan ini setelahnya.

GBPUSD adalah pasangan mata uang penting dengan performa terburuk kedua. Pasangan ini ditutup di 1,37260, mengulangi posisi terendah pekan sebelumnya. BoE akan mengadakan pertemuan yang membahas kebijakan moneter pekan ini, sehari setelah pertemuan the Fed. Peristiwa ini akan menambah volatilitas pasangan ini.

USDJPY mencapai level 110,152 di pertengahan pekan, tetapi ditutup sedikit lebih rendah pada hari Jumat di level 109,955. Pasangan ini berfluktuasi ke posisi terendah di 109,100, yang dipengaruhi oleh turbulensi plafon utang Amerika, tetapi berhasil mendapatkan hasil positif dalam sepekan.

Pekan lalu, AUDUSD memiliki level kinerja terlemah di antara mata uang utama. Pasangan ini ditutup di level 0,72608, yang menunjukkan penurunan selama dua pekan berturut-turut.

USDCAD mengungguli semua mata uang utama pekan lalu. Pasangan ini menyentuh level 1,27720 dan sedikit terkonsolidasi pada akhir hari Jumat dan ditutup di level 1,27657.

PEMICU BULLISH

USDJPY tetap positif pada penutupan di akhir pekan ini. Greenback bullish yang dipasangkan dengan pertumbuhan imbal hasil Obligasi AS, memberikan keuntungan pada pasangan mata uang ini atas sentimen plafon utang Amerika yang negatif.

USDCAD naik ke level tertinggi bulanan. Dolar Kanada melemah karena penurunan harga minyak Jumat lalu dan pemilu di Kanada yang akan datang.

PEMICU BEARISH

Selain kekuatan dolar AS saat ini, pejabat ECB secara resmi menyatakan perkiraan inflasi lokal akan terus meningkat hingga November. Hal itu membuat EURUSD memiliki lebih banyak dorongan untuk pergerakan yang lebih rendah.

Data aktual penjualan ritel Inggris menunjukkan -3,5% dari level yang diperkirakan. Kekhawatiran terhadap pemulihan perekonomian Inggris menyebabkan penurunan GBPUSD.

AUDUSD telah turun sepanjang bulan ini. Ketidakstabilan yang sedang berlangsung di Tiongkok, yaitu mitra dagang utama Australia, membebani AUD. Di sisi lain, laporan lapangan kerja Australia terbaru menunjukkan kehilangan lapangan pekerjaan paling signifikan sejak Mei 2020. Risalah RBA yang dirilis pekan ini akan menjelaskan dampak dari langkah kebijakan moneter bank sentral ini terhadap penanggulangan krisis.


Emas
PANTAUAN PASAR

Perubahan mingguan: XAUUSD -1.77%

Pekan lalu, XAUUSD bergerak lebih rendah ke level 1,753, dengan pelemahan dolar dan imbal hasil obligasi AS mengurangi daya tariknya, karena investor mengalihkan perhatian mereka ke pertemuan Federal Reserve AS untuk mendapatkan petunjuk tentang kapan akan mulai mengurangi stimulusnya.

Komite Pasar Terbuka Federal dijadwalkan akan mengadakan pertemuan antara tanggal 21 dan 22 September.

PEMICU BULLISH

Hasil riil yang negatif dan perkiraan inflasi akan mendukung permintaan investasi untuk emas meskipun the Fed memberi sinyal bahwa penurunan dan kenaikan suku bunga sudah dekat.

PEMICU BEARISH

AUDUSD telah turun sepanjang bulan ini. Ketidakstabilan yang sedang berlangsung di Tiongkok, yaitu mitra dagang utama Australia, membebani AUD. Di sisi lain, laporan lapangan kerja Australia terbaru menunjukkan kehilangan lapangan pekerjaan paling signifikan sejak Mei 2020. Risalah RBA yang dirilis pekan ini akan menjelaskan dampak dari langkah kebijakan moneter bank sentral ini terhadap penanggulangan krisis.



Perubahan mingguan: XBRUSD +2.62%

XBRUSD (minyak Brent) mencapai hampir USD75,29 karena minyak menuju kenaikan mingguan selama empat pekan berturut-turut akibat harga gas alam dan listrik melonjak secara global dan mendukung kompleks energi.

PEMICU BULLISH

Harga minyak mulai naik pekan lalu berkat laporan bullish OPEC hari Senin. Pada hari Rabu, pengurangan persediaan stok minyak mentah dan bensin skala besar di Amerika Serikat mendorong harga lebih tinggi. Kondisi pasar yang lebih ketat, yang terutama diakibatkan oleh gangguan Badai Ida terhadap produksi minyak mentah dan gas alam, telah memicu terobosan baru dan pembelian teknis dari reksadana.

PEMICU BEARISH

Harga minyak sedikit turun karena dolar AS yang lebih kuat dan aksi ambil untung. Lonjakan varian Delta dapat menunda pemulihan permintaan minyak sebagian ke tahun berikutnya.


Cryptocurrencies
PANTAUAN PASAR
Perubahan mingguan: BTCUSD +5.66%

Pekan lalu, bitcoin berhasil naik dan mendapatkan pijakan baru di level USD48.000. Menurut Coin Gecko, kapitalisasi mata uang kripto terkemuka ini telah meningkat menjadi USD905 miliar. Ada situasi yang menguntungkan di pasar karena faktor fundamental yang menginspirasi kepercayaan investor.

PEMICU BULLISH

Akumulasi sejumlah besar bitcoin oleh 'paus' mendukung nilai tukar mata uang kripto utama dan tetap dalam tren naik. Pada 13 September, MicroStrategy meningkatkan investasi bitcoin miliknya. Pengembang perangkat lunak ini membeli 5050 bitcoin senilai USD242,9 juta dengan harga rata-rata USD48.000. Pada tanggal 14 September, broker Amerika Interactive Brokers membuka perdagangan mata uang kripto untuk klien dari Amerika Serikat. Pada tanggal 17 September, perusahaan pembayaran PayPal mengumumkan penerimaan pelanggannya di Inggris untuk memperdagangkan dan menyimpan mata uang kripto. Warga negara Inggris dapat menggunakan aplikasi seluler PayPal untuk menggarap bitcoin, Bitcoin Cash, Ethereum, dan Litecoin.

PEMICU BEARISH

Dolar AS kemungkinan menguat pada malam pertemuan FOMC, memberi tekanan pada harga bitcoin. Kemungkinan akan ada pernyataan dari pejabat tinggi tentang pengetatan regulasi pasar kripto.

Berita yang akan datang
Tiga bank sentral 'kelas berat' akan mengadakan pertemuan pekan ini untuk membahas kebijakan moneter mereka. BoJ, BoE, dan the Fed akan menjadi berita utama, dengan semua mata terfokus pada hari Rabu, yaitu hari terakhir dari pertemuan dua hari the Fed. Jerman dan Zona Eropa akan merilis data IMP Komposit Markit yang penting.

0 komentar:

Posting Komentar