Ulasan Mingguan] Pengurangan pembelian obligasi the Fed yang akan datang membangkitkan pasar

 Ciptakan sistem trading Anda dan mulai hasilkan laba!

Denyut pasar

  • SPX500 menutup pekan dengan sedikit lebih tinggi. 4.455,48 (+441 poin)
  • Dolar AS mencapai level tertinggi bulanan selama sepekan. USDX 93,28 (+133 poin)
  • Emas sedikit menurun. USD1.750 (-360 poin)
  • Minyak mengalahkan rekor. USD77,37 (+USD3,10)
  • Tiongkok terus menyerang Bitcoin. USD42.915 (-USD3.750)

Mari kita lihat lebih dekat bagaimana peristiwa-peristiwa penting ini dan peristiwa penting lainnya memengaruhi harga mata uang, indeks, dan komoditas.


INDEKS

PANTAUAN PASAR

"Perubahan mingguan: SPX500 +0,93% "

SPX500 berhasil memantul dari titik terendah di 4.313. Indeks ini mencapai titik itu pada awal pekan, yang dipengaruhi oleh kekhawatiran atas kemungkinan kegagalan Evergrande Tiongkok. Kemudian, indeks berhasil pulih dan menutup pekan lalu di 4.455,48.
Dolar AS mengakhiri hari Jumat di 93,28. Ketika the Fed mengumumkan pengurangan paket pembelian obligasi yang akan datang tahun ini, indeks ini mencapai level tertinggi bulanan selama sepekan yaitu 93,51.

PEMICU BULLISH

Tesla dan Facebook masing-masing naik 2,7% dan 2%, membuat SPX500 sedikit naik. Pekan ini akan bergejolak seperti pekan sebelumnya karena akhir kuartal dan akhir tahun fiskal AS saat ini.
Pertengahan pekan, the Fed mengumumkan dimulainya pengurangan paket pembelian obligasi yang akan datang. Pasar mengantisipasi bulan November ini sebagai awal siklus. Greenback mencapai level tertinggi bulanan di 93,51. Dengan demikian, dolar AS menutup pekan untuk ketiga kalinya secara berturut-turut dengan nilai turut positif terhadap sekeranjang mata uang mayor.

PEMICU BEARISH

SPX500 memulai pekan ini dengan aksi jual karena kemungkinan kegagalan Evergrande Tiongkok. Selanjutnya, saham perusahaan pakaian olahraga Nike mengalami penurunan mingguan paling signifikan sebesar 6,3%. Perusahaan ini mengalami masalah rantai pasokan, sehingga memperingatkan pelanggan tentang penundaan produksi. Akibatnya, para investor memperkirakan hasil penjualan negatif menjelang akhir tahun fiskal, yang menyebabkan aksi jual ekuitas.
Dolar AS mengalami penurunan paling signifikan selama satu hari dalam sebulan sebesar 1% setelah Evergrande Tiongkok mengumumkan pembayaran lokal atas utangnya. Penurunan terjadi pada Kamis lalu, tetapi dolar mendapatkan kembali kekuatannya pada hari Jumat, karena kekhawatiran atas pengembang Tiongkok ini kembali gelap.


MATA UANG

PANTAUAN PASAR

"Perubahan mingguan: EURUSD -0,09% , GBPUSD -0,48% , USDJPY +0,79%, AUDUSD +0,29%, USDCAD -0,89% "

EURUSD menutup hari Jumat kemarin di 1,17168. Pernyataan kebijakan the Fed telah mendominasi perilaku pasar sejak dipublikasikan.

GBPUSD menutup pekan ini di 1,36713. BoE membuat pengumuman hawkish, memungkinkan kenaikan suku bunga awal tahun depan dan dua kenaikan lagi di tahun 2022.

USDJPY mengungguli semua mata uang mayor lainnya pekan lalu, mengulangi level tertinggi bulan Agustus di 110,800. Pasangan ini menutup pekan ini di 110,709.

AUDUSD menutup pekan ini di 0,72513. Meskipun berakhir sedikit negatif, harga menunjukkan kenaikan harian yang besar.

USDCAD terus menurun selama sepekan dan ditutup pada hari Jumat di 1,26476. Pasangan ini mendapat hasil terburuk di antara mata uang mayor lainnya.

PEMICU BULLISH

USDJPY menargetkan level 111,000 tetapi tidak dapat mencapainya, karena imbal hasil Obligasi AS terangkat hampir 7% dalam sepekan. Hal ini mencegah pasangan ini mencapai perolehan ekstra. Selain itu, pertumbuhan aktivitas manufaktur Jepang melambat, yang menambah tekanan pada pasangan ini.
RBA merilis Risalah terbaru yang secara positif memengaruhi pasangan AUDUSD dengan lonjakan harian yang signifikan sebesar 1,3%. Sayangnya, korelasi langsung antara dolar Australia dan mata uang Tiongkok membuat AUDUSD tidak bisa bertahan di level 0,73163.

PEMICU BEARISH

Pekan lalu, EURUSD mengalami penurunan tiga kali lipat ke level 1,17000. Semakin kuat greenback, semakin banyak kemungkinan penurunan baru menuju posisi terendah tahun 2021. Satu bulan lalu, pasangan ini mencapai level terendah tahun ini di 1,16663. The Fed menargetkan inflasi dua kali lipat dari laju inflasi 2% saat ini, sehingga penurunan di bawah 1,6663 mungkin segera terjadi.

GBPUSD membuat lompatan harian paling signifikan bulan ini dari 1,36112 ke level 1,37562, menyusul pengumuman hawkish dari BoE. Pasangan mata uang ini gagal mempertahankan level tertinggi yang dicapai dan mundur ke titik 1,36713.

USDCAD kehilangan keuntungannya karena kenaikan minyak terus-menerus terjadi dalam sepekan. Pasangan ini turun dari level 1,28959 ke 1,26474.


EMAS

PANTAUAN PASAR

"Perubahan mingguan: XAUUSD -0,18% "

XAUUSD mendapatkan cukup kekuatan setelah mengalami penurunan 1% pada hari Kamis. Emas menutup pekan lalu di kisaran 1.750.

Pada hari Kamis, pasangan ini meluncur ke level terendah dalam satu bulan di tengah ekspektasi bahwa Federal Reserve AS dapat menaikkan suku bunga. Namun, pada hari Jumat, pelemahan dolar AS menawarkan dukungan, membuat logam mulia lebih murah bagi pemegang mata uang lainnya.

PEMICU BULLISH

Kekhawatiran terus-menerus atas nasib raksasa properti menanggung beban utang besar asal Tiongkok, Evergrande, mendukung harga emas. Pekan lalu, perusahaan asal Tiongkok ini melewatkan pembayaran obligasi luar negeri, dengan kompensasi lebih lanjut jatuh tempo pekan ini.

PEMICU BEARISH

Meskipun emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang di tengah meluasnya stimulus, langkah hawkish the Fed akan mengurangi daya tarik emas. Pada akhirnya, kenaikan suku bunga juga akan menurunkan harga emas.


MINYAK

PANTAUAN PASAR

"Perubahan mingguan: XBRUSD +4,34% "

Harga minyak memantul ke level tertinggi multitahun. XBRUSD menetap di dekat level tertinggi tiga tahun yaitu USD77,25, level terbaik sejak Oktober 2018.

PEMICU BULLISH

Permintaan minyak akan naik tajam di tengah pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung sementara prospek pasokan tetap stabil berkat disiplin produksi oleh OPEC+.Laporan EIA terbaru menunjukkan bahwa stok minyak mentah AS menurun selama tujuh pekan berturut-turut. Menurut Administrasi Informasi Energi AS, persediaan minyak mentah AS turun sebesar 3,5 juta barel pekan lalu.Impor minyak India mencapai puncaknya dalam tiga bulan di bulan Agustus.

PEMICU BEARISH

Kemungkinan besar ada koreksi kerugian yang signifikan, menurut ahli strategi komoditas senior Bloomberg Intelligence Mike McGlone.Ia mencatat bahwa dua penurunan minyak mentah terakhir yang berpengaruh pada 2018 dan 2020 hampir sama dengan SPX500. Korelasi 20 kuartal antara Indeks Spot Komoditas Bloomberg dan SPX500 saat ini berada di 0,90, yakni angka tertinggi sejak tahun 1960. Analis BI ini mengatakan korelasi mencapai puncaknya terakhir pada tahun 2013, diikuti oleh jatuhnya harga minyak yang spektakuler pada tahun 2014, yang kemudian menyebar ke semua kompleks komoditas.


Cryptocurrencies

PANTAUAN PASAR

"Perubahan mingguan: BTCUSD -7,98% "

BTCUSD memperbarui minimum lokal di USD39.650, setelah itu kembali ke kisaran USD42.800. Pasar kripto pulih setelah Federal Reserve AS mempertahankan kurs pada level mendekati nol (0-0,25%) pada malam 22 September.

PEMICU BULLISH

Pada tanggal 23 September, salah satu pemegang bitcoin besar meningkatkan investasi mereka sebesar USD17,6 juta. Menurut layanan BitInfoCharts, investor kripto ini membeli 408 bitcoin seharga USD43.200 per koin.

PEMICU BEARISH

Bank Sentral Tiongkok telah memberlakukan larangan penuh pada semua transaksi mata uang kripto. Penggunaan aset digital di negara itu kini disamakan dengan aktivitas keuangan ilegal.

Berita yang akan datang

Inggris, Kanada, dan AS akan merilis PDB mereka secara bergantian dalam satu hari. Pada tanggal yang sama, Jerman dan Zona Eropa akan merilis data harga konsumennya. Semua peristiwa ini akan berlangsung pada hari terakhir bulan September. Hari berikutnya, Jerman akan melanjutkan dengan merilis angka penjualan ritel, sementara AS akan memublikasikan statistik IMP Manufaktur ISM.


0 komentar:

Posting Komentar